Kamis, 21 November 2013

PENGOLAHAN LIMBAH TERNAK SAPI SEBAGAI INSTALASI BIOGAS DIGESTER



Kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) yang terus meningkat, memacu semua pihak beralih ke energi alternatif bukan fosil. Usaha yang perlu dilakukan adalah mencari sumber bahan bakar alternatif lain untuk mengurangi ketergantungan manusia terhadap minyak bumi yang makin langka. Salah satu sumber energi terbarukan adalah limbah kotoran ternak sapi. Sistem pengolahan limbah secara terpadu dengan menggunakan digester, dapat menghasilkan biogas yang merupakan sumber energi yang dapat diperbaharui dan dapat diproduksi secara massal. Pembangunan Instalasi biogas pada kegiatan pengabdian masyarakat yang diusulkan adalah model digester tersentral yang akan digunakan bersama oleh keluarga peternak dan lingkungan sekitar. Type digesternya adalah continous feeding (konstruksi tetap kontinyu) dimana sumur pencerna dan penampung gas menjadi satu, sedangkan pengisian bahan organik dilakukan secara kontinyu.

Pembangunan instalasi biogas yang dilakukan mempunyai manfaat ganda, yaitu gas yang dihasilkan dapat dimanfaatkan untuk mengganti peran minyak tanah atau bahan bakar lain, dengan api yang berwarna biru, tidak berbau dan tidak berasap. Biogas juga menghasilkan energi listrik, dimana besarnya setara dengan 60-100 watt lampu selama 6 jam penerangan dengan daya 10 kwH/m3. Limbah digester biogas baik padat ataupun cair dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik dengan kandungan unsur hara yang tinggi, dan memperbaiki struktur tanah sehingga mempunyai pengikat air tinggi. Kebersihan lingkungan dan kesehatanpun terjamin karena kotoran ternak langsung dimasukkan dalam digester, sehingga parasit-parasit berbahaya hancur dan mengurangi bau yang menyengat dari kotoran ternak. Manfaat lain yang diperoleh adalah peningkatan taraf hidup peternak pada khususnya dan lingkungan sekitar pada umumnya.

1 komentar:

  1. YouTube
    YouTube. youtube. youtube to mp3 converter samsung YouTube. YouTube. youtube. youtube. youtube. YouTube. youtube.youtube. youtube. youtube.youtube. youtube. youtube. youtube. youtube. youtube.youtube.youtube. youtube.youtube. youtube. youtube.youtube.youtube.

    BalasHapus