Sabtu, 09 November 2013

Pengelolaan dan Pemanfaatan Limbah

Limbah merupakan hasil akhir dari suatu produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga). Disetiap pemukiman penduduk dengan berbagai aktivitas pasti mengahsilkan berbagai jenis limbah. Seiring dengan bertambahnya kebutuhan manusia, banyak juga diciptakan pemuas / pemenuhan kebutuhan manusia.
Dalam jumlah produksi yang sangat besar tiap harinya akan menghasilkan sisa-sisa hasil dari proses pengolahan yang tidak terpakai. Sisa-sisa inilah (limbah) bila terakumulasi dalam jangka waktu yang lama dapat mencemari lingkungan bila tidak ada penanganan khusus. Kehadiran limbah dapat memberikan dampak negatif bagi lingkungan terutama bagi kesehatan manusia. 


Ada berbagai macam limbah: 
a. Limbah Cair

     Limbah cair merupakan sisa buangan hasil suatu proses yang sudah tidak dipergunakan lagi. Komponen utama limbah cair adalah air (90%) komponen lain bergantung dari asal limbah tersebut

b. Limbah Padat

 
    Limbah padat merupakan hasil buangan berupa padatan, lumpur atau lumpur dari suatu proses pengolahan. contoh limbah padat, yaitu kertas, kayu ,kain, karet, plastik, kaca, dll.

c. Limbah Gas dan Partikel , dan Limbah Beracun 
 
Pencemarannya tergantung pada jenis limbah, volume limbah tersebut, dan jangkauan limbah tersebut. Tingkat bahaya keracunan yang ditimbulkan oleh limbah tergantung pada jenis dan karakteristik limbah.

Selain melakukan pencegahan perlu adapun cara atau teknik pengolahan air limbah. Tujuan utama pengolahan air limbah ialah untuk mengurai kandungan bahan pencemar di dalam air terutama senyawa organik, padatan tersuspensi, mikroba patogen, dan senyawa organik yang tidak dapat diuraikan oleh mikroorganisme yang terdapat di alam.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengolah limbah gas antara lain dengan pengontrolan emisi gas buang. Emisi gas buang bisa dkurangi dengan mengganti sumber bahan bakar dengan memanfaatkan sumber energi alternatif yang memiliki resiko limbah sangat kecil.

Untuk mengurangi dampak dari limbah padat banyak berbagai cara dilakukan. Misalnya dengan cara mendaur ulang sampah atau limbah padat menjadi sesuatu yang lebih berguna dan bernilai ekononis serta bermanfaatan bagi masyarakat.

Dengan pengelolaan dan pemanfaatan limbah dengan baik dan benar, kita bisa mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan oleh limbah tersebut. Tujuan utama pengolahan limbah ialah untuk mengurangi kandungan bahan pencemar terutama senyawa organic, padatan tersuspensi, mikroba pathogen dan senyawa organic yang tidak dapat diuraikan oleh mikroorganisme yang terdapat dialam. Dengan kemajuan terknologi seperti ini, kiranya tidak terlalu susah bagi kita untuk mengupayakan pengolahan limbah industri dan domestik (rumah tangga) sendiri. 

1 komentar: