Kamis, 14 November 2013

Pengolahan dan Pemanfaatan Limbah Sederhana (Mengurangi Sampah Plastik)



Pengolahan dan Pemanfaatan Limbah Sederhana (Mengurangi Sampah Plastik)

Sampah plastik merupakan tipe limbah yang pengolahannya dapat diantisipasi dan jumlahnya dapat direduksi. Pengolahan limbah sampah menurut Mother Nature Network dapat dipraktikkan melalui beberapa cara praktis:

1. Hindari menggunakan sedotan
Salah satu cara termudah untuk mengurangi pembuangan limbah plastik di TPA adalah dengan tidak menggunakan sedotan plastik. Informasikan kepada pelayan rumah makan tempat Anda menikmati makan siang untuk tidak memberi sedotan plastik. Dengan menghindari sedotan plastik Anda telah berkontribusi terhadap pengolahan dan pemanfaatan limbah yang dalam skala paling sederhana.

2. Menggunakan lagi kantong belanja
Sekitar 1 juta kantong plastik digunakan tiap menitnya dan satu kantong plastic membutuhkan 1000 tahun untuk berdegradasi. Jika Anda pergi ke supermarket pastikan Anda mengurangi jumlah kantong plastik yang Anda gunakan. Atau Anda dapat menggunakan kembali kantong plastik yang pernah Anda gunakan. Alternatif lain adalah Anda dapat menggunakan tas belaja kain yang mudah dicuci dan dibersihkan. Dengan penggunaan kantong belanja yang benar, Anda dapat membantu pengolahan limbah menjadi lebih mudah.

3. Menggunakan kembali botol plastik
Menurut Food and Water Watch botol air menghasilkan 1.5 juta ton plastic tiap tahun, dan botol ini membutuhkan 47 juta gallon minyak untuk diproduksi. Dengan menggunakan layanan isi ulang botol air Anda mengurangi jumlah limbah plastik yang dibuang di TPA atau laut. Anda juga dapat menggunakan botol berbahan gelas / tumbler yang dapat dibawa ke mana-mana sehingga Anda tidak perlu membeli botol air plastik. Dengan melakukan hal ini, Anda berjasa terhadap proses pengolahan limbah yang lebih efektif.
Ketiga langkah di atas hanyalah sebagian cara dari banyak hal yang bisa Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Pengolahan limbah membutuhkan partisipasi semua orang agar kinerjanya dapat menjadi efektif efisien sehingga mampu mengurangi efek samping dari produksi plastik.

Sumber:
https://limbahvsindustri.wordpress.com/2013/06/11/mengurangi-sampah-plastik-pengolahan-limbah-sederhana/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar